Saatnya musim hujan sudah tiba sebaiknya kita perlu mempertimbangkan untuk membeli perangkat penghangat air atau yang sering dikenal dengan Water Heater. Bayangkan bila Anda harus mandi setelah pulang kantor dan sampai rumah sudah kemalaman, bila tidak mandi maka badan terasa tidak fresh atau saat musim hujan tiba rasanya Anda mesti ingin mandi dengan air hangat bukan…!

Bagi orang yang menderita penyakit rematik misalnya, saat musim hujan ini akan menjadi masalah besar baginya karena mandi dengan air dingin maka badan akan terasa sakit semua sampai menusuk tulang. Nah, bila Anda sedang berencana atau memang akan memasang water heater di dalam kamar mandi maka berikut ada tip untuk mempertimbangkan faktor-faktor berikut:

1. Water Heater dari Listrik

Pemanas air ini memang praktis dibanding dengan gas karena kita tidak perlu angkat junjung tabung gas. Disamping itu biasanya volume air akan lebih banyak bila dibandingkan dengan water heater gas. Pastikan jika Anda memilih water heater dengan listrik maka besarnya supply listrik harus Anda perhitungkan dengan cermat.

2. Water Heater dari Gas

Pemanas air ini biasanya digunakan bila Anda hanya memakai shower saja karena volume air biasanya pula hanya sedikit. Sistem ini karena menggunakan gas maka memerlukan proses waktu yang harus kita tunggu. Bila Anda menggunakan bathtub untuk berendam maka sebaiknya pemanas air gas tidak dapat kita pilih karena volume airnya yang sedikit. Bila Anda memilih alternatif 1 diatas maka pastikan Anda membeli water heater minimal 30 liter untuk mengisi bathtub Anda.

3. Water Heater dari Cahaya Matahari (Solar Cell)

Pemanas air ini adalah yang cukup aman karena menggunakan cahaya matahari, dimana panas matahari disimpan yang kemudian dipakai untuk memanaskan air. Namun karena menggunakan cahaya matahari maka bila cuaca mendung maka otomatis panas air akan berkurang. Saat ini beberapa produsen telah mendesign agar saat cuaca mendung, pemanas air ini kemudian memakai sumber listrik kurang lebih 1000 watt. Bila dibandingkan dengan kedua jenis waterheater sebelumnya maka jenis yang ke tiga ini adalah yang paling mahal. Pastikan bila Anda memakai jenis pemanas air ini maka konstruksi bangunan rumah harus kokoh dan baik karena pemanas air ini dipasang di atas.

Selain jenis water heater yang telah diuraikan diatas tentunya faktor lain yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli adalah budget Anda. Sesuaikan budget dan kebutuhan Anda dalam membeli water heater ini.

 

Sumber : www.gamahome.blogspot.com

Incoming search terms:

  • water heater yang bagus dan aman
  • water heater listrik terbaik
  • water heater listrik yang bagus
  • memilih water heater
  • water heater gas yang bagus
  • water heater shower yang bagus
  • water heater untuk bathtub
  • merk water heater listrik terlaris
  • water heater listrik tabung yang bagus merk apa?
  • water heater gas yang bagus merk apa